Manfaat dan Keuntungan Fiber Optik Untuk Jaringan Internet

Berikut Manfaat dan Keuntungan Fiber Optik Untuk Jaringan Internet. Silahkan disimak!

Banyak pendapat, bahwa penggunaan internet dengan teknologi jaringan fiber optik dikenal lebih cepat dibanding dengan media jaringan yang lain. Koneksi internet dengan menggunakan fiber optik ini diklaim memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dari jenis koneksi internet lainnya. Fiber optik ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari helaian rambut. Namun, kehebatannya serat tersebut mampu mengantarkan data dengan sangat cepat pada jarak yang jauh sekalipun. Sebab gelombang yang dikirim adalah berupa cahaya, bukannya sinyal elektrik seperti pada kabel jaringan yang lainnya.


Ada banyak keunggulan fiber optik yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik dalam mendukung jaringan internet. Berikut beberapa keunggulan fiber optik yang perlu anda ketahui :

Yang pertama adalah soal keamanan. Fiber optik tidak hanya menawarkan kecepatan, namun dukungan sistem keamanan fiber optik yang sangat kompleks mampu menyulitkan hacker untuk menembus sistem sehingga secara tidak langsung memberikan tingkat proteksi yang lebih baik. Dengan demikian transfer informasi melalui fiber optik secara umum lebih aman daripada jenis jaringan lainnya.

Keunggulan kedua adalah efisiensi. Dari segi teknis, fiber optik mempunyai kualitas jauh lebih baik dibanding sistem kabel karena sinyal yang dikirim melalui fiber optik diklaim tidak akan mengalami penurunan kualitas di sepanjang perjalanan. Bahkan jenis transmisi ini juga mengkonsumsi daya yang lebih rendah daripada tipe transmisi lainnya.

Keunggulan yang ketiga, koneksi dengan fiber optik lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Sangat berbeda dengan kabel listrik yang rentan mengalami gangguan bahkan ancaman keamanan akibat cuaca. Hal ini dikarenakan fiber optik menghantarkan sinyal cahaya, bukan sinyal elektrik, sehingga perubahan cuaca tidak akan mempengaruhi sinyal yang terkirim.

Keunggulan berikutnya, adalah soal harga. Mungkin asumsi beberapa orang yang menganggap bahwa teknologi baru pastilah lebih mahal harganya. Hal ini bisa terbantahkan, karena material yang digunakan fiber optik relatif lebih murah dibanding kabel tembaga. Sehingga, sesungguhnya teknologi fiber optik merupakan teknologi yang cukup terjangkau.

Itulah sekilas informasi tentang keunggulan fiber optik bagi jaringan internet. Tentunya dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya akan menjadi pertimbangan bagi anda dalam menentukan pilihan jaringan internet yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga artikel tentang Manfaat dan Keuntungan Fiber Optik Untuk Jaringan Internet ini bermanfaat. Baca juga cara mengatasi permasalahan modem nirkabel, Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak bisa upload foto Video atau siaran langsung di fb menggunakan Samsung Galaxy J5 j2 Marshmallow

Download gratis CoC Bot apk

Download Pokemon 3DS apk