Perlukah Menambahkan RAM Pada Komputer?

Berikut pertanyaan yang sering muncul tentang Perlukah Menambahkan RAM Pada Komputer? Silahkan dibaca :

Perangkat komputer terdiri atas banyak komponen dengan fungsinya masing-masing. Dari sekian banyak komponen yang penting, diantaranya adalah RAM. Kapasitas RAM sering menjadi pertimbangan utama bagi seseorang dalam memilih komputer setelah kekuatan prosesor. Itu menandakan bahwa komponen ini punya peran penting bagi berjalannya komputer. Ada saatnya komputer mengalami penurunan performa, yaitu saat begitu banyak aplikasi yang terinstall pada komputer. Efek yang ditimbulkan adalah komputer menjadi lambat dan hingga kemudian hang (macet).

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background pada saat melakukan multi tasking inilah yang memakan banyak resource, hingga pada akhirnya memperlambat kerja komputer. Pada saat inilah mengapa perlu menambahkan RAM pada komputer. Sebenarnya penambahan RAM bisa dijadikan sebagai alternatif solusi terakhir. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk mempercepat performa komputer tanpa harus menambahkan RAM. Namun jika memang terpaksa harus dilakukan, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang RAM itu sendiri.

RAM adalah singkatan dari random access memory. Tindakan penambahan RAM pada komputer akan meningkatkan performanya secara signifikan. Hal ini disebabkan saat komputer menjalankan aplikasi, data akan langsung diload dari memori. Apabila banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan atau dikenal dengan istilah multi tasking, hal itu akan menguras habis memori sehingga berdampak pada kinerja komputer. RAM bisa dianalogikan seperti tubuh manusia yang akan mengalami penurunan kinerja saat disuruh melakukan banyak tugas sekaligus.

Lalu, seberapa besar kapasitas RAM yang perlu ditambahkan ke dalam komputer? Hal itu sangat tergantung dari cara anda menggunakan komputer. Jika hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi sederhana, seperti browsing, mengolah data office, memutar MP3, dan sejenisnya, sebenarnya kebutuhan RAM tidaklah besar. RAM berkapasitas 384 hingga 512 MB sudah cukup untuk melakukan tugas ini. Namun lain halnya bila digunakan untuk menjalankan aplikasi editing video, desain grafis, download dan upload file besar, ataupun digunakan untuk game online, otomatis dibutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar. Untuk itu, RAM minimal yang diperlukan mungkin pada kisaran 1 GB ke atas.

Jadi itulah beberapa hal yang menjelaskan mengapa perlu menambahkan RAM pada komputer. Maka ada baiknya sebelum menjalankan suatu aplikasi, anda perhatikan spesifikasi minimal yang dibutuhkan dari aplikasi tersebut. Biasanya disana akan disebutkan kekuatan prosesor, kapasitas RAM minimal, ruang simpan pada harddisk, dan lain sebagainya.

Semoga artikel tentang Perlukah Menambahkan RAM Pada Komputer? yang saya postingkan ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak bisa upload foto Video atau siaran langsung di fb menggunakan Samsung Galaxy J5 j2 Marshmallow

Download gratis CoC Bot apk

Download Pokemon 3DS apk